Tugas I Teori Organisasi Umum

  • Pendahuluan
Organisasi adalah sekelompok orang dalam satu wadah atau kelompok yang bertujuan mencapai tujuan bersama. Tentu saja, bentuk organisasi dan tujuan dari organisasi berbeda-beda sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Mendapatkan keuntungan, alasan kemanusiaan, stabilitas politik dan keamanan internasional, kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan masih banyak lagi adalah tujuan-tujuan yang dapat dicapai dengan kerja sama kemudian membentuk sebuah organisasi.
Salah satu bentuk organisasi adalah organisasi nirlaba atau non-profit. Organisasi ini dalam kegiatan dan semua bentuk operasionalnya tidak bertujuan untuk menghasilkan keuntungan. Organisasi seperti ini kebanyakan bergerak dalam bidang kemanusiaan, kesejahteraan, kesehatan, pendidikan, keagamaan, kebudayaan serta banyak dalam bidang lainnya.
  • Teori
Organisasi nirlaba atau non-profit adalah sebuah organisasi yang mencapai tujuannya dengan semua kegiatan dan operasionalnya tidak dilandaskan oleh keuntungan dan komersial. Sumber dana dari organisasi ini bisa datang dari pemerintah dalam bentuk anggaran maupun tunjangan, donasi dari donatur maupun dari anggota organisasi itu sendiri. Ketika organisasi ini dalam kegiatan dan operasionalnya menjadi komersial serta mencari keuntungan bagi organisasi itu sendiri, maka organisasi ini tidak lagi dapat disebut sebagai organisasi nirlaba atau non-profit.
  • Analisis
Kasus : FIFA : Mesin Uang Berstatus Nirlaba
Pokok Masalah : Presiden organisasi sepak bola seluruh dunia ini diduga menerima sejumlah keuntungan dari uang sogokan piala dunia. Organisasi nirlaba ini menjadi komersil setelah penjualan hak siar dan hak sponsor membuat organisasi rentan akan isu komersialisasi dan praktik menguntungkan diri sendiri melalui cara korupsi. Posisi presiden FIFA saat ini yaitu Sepp Blatter pun goyah akibat skandal besar ini yang melibatkan para petinggi FIFA serta mantan anggota FIFA lainnya yang menjadi whistle blower bagi skandal terbesar organisasi olahraga ini.
Pihak yang bertanggung jawab : Pihak yang sudah terbukti menerima dan memberikan suap serta menjalankan praktik komersialisasi dalam organisasi demi keuntungan pribadi maupun pihak tertentu.
  • Solusi
Revolusi besar-besaran dalam organisasi meliputi penggantian pemimpin dan para petinggi organisasi, merubah sistem organisasi dalam menjalankan kegiatannya agar tidak menjadi komersial demi menghindari percobaan praktik menguntungkan diri sendiri maupun pihak tertentu.
  • Referensi : http://www.dw.com/id/fifa-mesin-uang-berstatus-nirlaba/a-18485701

Tinggalkan komentar