Tugas II Teori Organisasi Umum

  • Ciri-ciri Organisasi
  1. Terdiri dari minimal 2 orang atau lebih
  2. Mempunyai tujuan yang sama
  3. Mempunyai struktur kerja dan pembagian tanggung jawab
  4. Adanya kerja sama dalam mencapai tujuan bersama
  • Unsur-unsur Organisasi
  1. Sistem
  2. Pola Aktivitas
  3. Sekelompok Orang
  4. Tujuan
  • Teori Organisasi
  1. Teori Organisasi Klasik adalah teori yang memiliki konsep organisasi mulai dari tahun 1800 (abad 19) yang mendefinisikan organisasi adalah sebagai struktur hubungan, kekuasaan-kekuasaan, tujuan-tujuan, peranan-peranan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan faktor lain ketika orang bekerja sama. Teori klasik sangat tersentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi serta pemberian petunjuk mekanistik struktural yang kaku dan tidak kreatif yang digambarkan oleh para teoritisi.
  2. Teori Organisasi Neoklasik adalah Teori yang menekankan pada pentingnya aspek psikologis dan sosial, baik sebagai individu dan kelompok dalam lingkungan kerja. Teori Neoklasik adalah teori/aliran hubungan manusia (The Human Relation Movement).
  3. Teori Organisasi Modern adalah teori yang bersifat terbuka dimana semua unsur organisasi satu kesatuan yang saling ketergantungan. Teori modern dipelopori oleh Herbert Simon yang ditandai dan dimulai disaat berakhirnya gerakan contingency. Teori modern disebut juga sebagai analisa system pada organisasi yang merupakan aliran ketiga terbesar dalam teori organisasi dan manajemen. Sistem terbuka yang dipelopori Katz dan Robert kahn dalam bukunya “the social psychology of organization”. yang menjelaskan dalam bukunya mengenai keunggulan sistem terbuka.
  • Organisasi yang Baik
Adanya sinergi antara semua anggota organisasi tersebut dalam usaha mencapai tujuan bersama, adanya juga kerja sama dan pembagian tugas dan kewenangan yang sesuai, jauh daripada kondisi yang tidak kondusif serta rentan akan perpecahan, tidak adanya perbedaan visi dan misi antara setiap anggota, tujuan yang dicapai adalah tujuan yang mulia.

Tinggalkan komentar